Pendapatan: Rp 60,8 miliar
Meskipun B2ST baru saja
melakukan comeback hampir di penghujung musik panas ini, namun B2ST mampu
merangkak ke peringkat paling akhir. Mencetak raihan KRW 6,2 miliar (Rp 60,8
miliar), B2ST sudah pasti menjadi aset paling berharga di agensi Cube
Entertainment.
9. EXO
Pendapatan: Rp 83,4 miliar
Idol grup EXO sepertinya bisa menjadi
tambang uang terbaru agensi SM Entertainment. Beruntung bagi mereka memiliki
senior yang populer secara global dan sering diajak konser bersama membuat nama EXO makin
terkenal. Hampir keseluruhan uang didapatkan EXO dari pre-order album
comeback yang harganya cukup tinggi sehingga membuat SM Ent menggenjot
pendapatan album dan meneruskan comeback EXO.
8. JYJ
Pendapatan: Rp 92,2 miliar
Kesulitan tampil di program musik
Korea sepertinya bukan masalah bagi idol grup JYJ. Basis fans yang sangat
setia membuat JYJ masih menerima pendapatan dari penjualan album dan
merchandise. Belum lagi member Jaejoong dan Junsu yang
menggelar tur konser tunggal dan aktivitas Yoochun dalam drama
membuat JYJ mempertebal keuangan untuk agensi C-JeS Entertainment.
7. FT Island
Pendapatan: Rp 96,1 miliar
Meskipun industri musik K-Pop
dikuasai boyband, namun band juga memiliki tempat tersendiri. Terbukti dari
band FT Island yang berhasil mengalahkan nama-nama seperti JYJ, EXO,
dan B2ST di semester pertama 2013 ini. Meski masih fokus di industri
musi Jepang, FT Island sukses meraih Rp 96,1 miliar.
6. SHINee
Pendapatan: Rp 106,9 miliar
Idol grup SHINee bahkan merilis album comeback mereka menjadi tiga
bagian, untuk apa? Sebagai sebuah rencana pendapatan yang matang bagi agensi SM
Entertainment. Tak hanya raihan memuaskan dari album comeback di semester
pertama 2013 ini, SHINee juga sibuk dalam aktivitas mereka di Jepang.
Strategi yang sangat pintar untuk SM Ent.
5. CN Blue
Pendapatan: Rp 109,9 miliar
CN Blue membuktikan bahwa mereka
adalah band K-Pop yang tak bisa dianggap remeh. Mendapatkan lebih dari 100
miliar rupiah untuk semester pertama 2013 ini adalah pencapaian istimewa.
Jadwal tur konser dunia mereka dan penjualan album di Jepang membuat CN Blue berhasil mengumpulkan banyak uang untuk
agensi FNC Entertainment bersama FT Island juga. Pasti petinggi FNC
Ent mampu tersenyum.
4. TVXQ
Pendapatan: Rp 122,6 miliar
Tak ada yang bisa mengalahkan
kekuatan idol grup TVXQ di Jepang. Meskipun hanya tinggal
menyisakan dua orang saja, TVXQ mampu
mengumpulkan masa yang amat luar biasa dalam setiap konser mereka di Jepang.
Tak salah jika sampai sekarang agensi SM Entertainment memutuskan TVXQ untuk
fokus di industri musik Jepang. Lihat apa yang berhasil mereka raih.
3. Super Junior
Pendapatan: Rp 139,3 miliar
Ke mana perginya Super Junior di
Korea Selatan? Mereka seakan 'hilang' ketika satu-persatu member mereka wajib militer.
Namun bukan berarti Super Junior dilupakan. Nama mereka sudah
menjadi merk dagang paling spesial bagi SM Entertainment. Hanya mengandalkan
tur konser dunia, Super Junior dengan nyaman ada dalam posisi
ketiga.
2. 2PM
Pendapatan: Rp 183,5 miliar
Ini adalah prestasi istimewa untuk
idol grup 2PM. Selain melakukan comeback di pertengahan
tahun, 2PM juga melakukan tur konser Asia serta
menjelajahi Jepang yang tentunya membuat pundi-pundi mereka menjadi luar biasa
melesat. Tak heran jika 2PM adalah
permata bagi agensi JYP Entertainment karena mereka memberikan lebih dari 75%
pendapatan agensi.
1. Big Bang
Pendapatan: Rp 187,4 miliar
Ada di posisi pertama adalah idol
grup Big Bang. Raihan ini diperoleh Big Bang karena mereka sangat aktif menjadi
model berbagai brand populer di Korea Selatan. Selain itu hampir semua member Big Bang sukses dalam karir mereka masing-masing.
Bahkan leader G-Dragon juga memiliki tur konser dunia tunggal yang membuat Big Bang kokoh ada di posisi pertama meskipun
tak merilis album di semester awal 2013 ini.
0 comments:
Post a Comment